Belajar Bahasa Inggris Sambil Bermain

Belajar bahasa inggris itu sangat menyenangkan. Belajar bahasa inggris sebenarnya tidak hanya bisa didapatkan di bangku sekolah. Ini sangat benar bahwa mengingat pentingnya bahasa inggris di era global pada masa sekarang, pembelajaran bahasa inggris pun telah diterapkan dimulai dari pendidikan dasar. Bahkan, ada beberapa sekolah taman kanak-kanak yang sudah mulai memperkenalkan bahasa inggris kepada anak-anak. Misalnya dengan tema yang sangat sederhana seperti belajar warna-warna, binatang, ataupun buah-buahan. Belajar bahasa inggris sambil bermain pun tidak hanya bisa diterapkan untuk anak-anak. Anak-anak bisa diajarkan menyanyi untuk mengenali kosakata dan lainnya.

Belajar Bahasa Inggris Sambil Bermain

Belajar bahasa inggris sambil bermain pun bisa diterapkan untuk anda, remaja, ataupun orang yang sudah dewasa. Namun, bagaimanakah caranya? Nah, ada permainan yang cukup menyenangkan ini patut anda coba untuk membuat kemampuan bahasa inggris pelajar menjadi lebih meningkat. Permainan ini dinamakan dengan Cerita yang kreatif atau creative story. Permainan ini dimulai dengan guru menceritakan cerita di dalam kelas, kemudian meminta siswa untuk melanjutkannya. Namun, untuk siswa yang tidak dapat melanjutkannya. Hal ini akan meningkatkan tingkat kemampuan siswa dalam berbicara sekaligus penalaran siswa. Apakah anda tertarik dengan permainan ini? Ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai memainkannya :
  1. Siapkan cerita yang unik dan menyenangkan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
  2. Siapkan sebuah bola atau benda lainnya untuk menentukan giliran siswa mana yang akan melanjutkan cerita.
  3. Mulailah bercerita tentang snow white atau pinokio misalnya dimulai dari awal dan dipotong pada bagian tertentu yang anda inginkan siswa untuk melanjutkannya.
  4. Berikan bola kepada siswa dan suruhlah siswa memberikan kepada siswa lain sambil anda menghitung sampai hitungan ke 7 atau ke 5 sesuai yang anda inginkan.
  5. Siswa yang menerima bola pada akhir hitungan adalah siswa yang melanjutkan cerita.
  6. Begitu seterusnya sampai cerita berakhir.
  7. Anda tidak boleh terpaku bahwa siswa harus melanjutkan cerita sesuai dengan alur dongeng yang anda ceritakan. Siswa bebas namun anda bisa memberikan arahan-arahan tertentu.
  8. Siswa yang tidak bisa memberikan lanjutan cerita dihukum.
  9. Hukuman harus positif seperti menyanyi dan lainnya.
Menyenangkan bukan? Tentunya siswa akan lebih menarik dalam belajar bahasa inggris. Hal ini bisa dipraktekkan di sekolah ataupun lembaga kursus.
Previous
Next Post »